Adsense

Curhat Ternyata Sangat Dianjurkan oleh Dokter Psikolog! Inilah Manfaat Besar Curhat Bagi Kesehatan



Pernahkah Anda mendapati dirinya betapa leganya setelah mencurahkan isi hati kepada seorang yang ingin mendengarkan?

Ketahuilah, perasaan lega tersebut bisa memberikan efek kesehatan pada tubuh Anda.

Akhir-akhir ini banyak orang memusatkan perhatian pada masalah kejiwaan dan beberapa gangguan psikologis. Bahwa manusia pada dasarnya bisa sakit secara fisik, bisa juga secara mental. Stres hingga depresi bisa datang kapan saja, terutama jika Anda sedang mengalami musibah atau mengalami masalah yang cukup berat.

Ada banyak cara untuk meringankan beban Anda, ada yang berdoa, menceritakan masalah pada teman, hingga menemui psikolog atau psikiater untuk mendapatkan jalan keluar dengan bantuan profesional.

Menariknya, kita menghabiskan 30-40 persen waktu bicara kita untuk menceritakan pengalaman kita pada orang lain.


Curhat & Kesehatan

Dalam dunia medis, Curhat dikenal dengan istilah ventilasi, hal ini diartikan memang sebagai salah satu cara alami manusia untuk membagi apa yang menjadi pemikiran mereka, gangguan ventilasi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan psikis Anda, terkait gangguan psikis yang minor maupun mayor.

Bagi mereka yang sedang galau, curhat (curahan hati) atau curcol (curhat colongan) adalah salah satu hal yang biasa dilakukan. Berbagai hal tentang pekerjaan atau cinta terkadang harus diutarakan pada mereka yang Anda percaya. Beberapa dari Anda mungkin bertanya untuk apa curhat dengan orang lain jika dengan curhat masalah tidak akan selesai. Ekstrimnya, Anda akan berpikir sebuah masalah harus diselesaikan, bukan diceritakan. Padahal, ketika Anda menceritakan masalah pada orang lain, hati Anda akan terasa lebih lega.


1. Mengangkat beban pikiran

Curhat
Beberapa dari Anda mungkin merasa bahwa tanpa curhat pun Anda sebenarnya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Anda sudah memperhitungkan segalanya apabila sebuah masalah menyerang. Namun, solusi dalam sebuah permasalahan sebenarnya bukanlah satu-satunya yang dicari ketika mencurahkan isi hati. Setidaknya, dalam proses untuk menghilangkan beban tersebut, Anda bisa melegakan hati Anda dan akan terfokus untuk menyelesaikan masalah tersebut. Walaupun orang yang Anda cintai atau orang yang Anda percaya tidak memberikan feedback atau nasehat pada Anda, setidaknya anda sudah menjadikan mereka sebagai salah satu teman cerita dalam hidup Anda.


2. Menyelidiki bersama

Mungkin Anda adalah sosok tertutup yang enggan untuk menceritakan masalah Anda dengan orang lain, kecuali dengan mereka yang benar-benar sudah Anda percaya. Seringkali Anda akan mendapatkan berbagai hal tentang diri Anda selama ini tentang apa yang Anda sembunyikan. Teman Anda akan mampu mengungkapkan segalanya. Mungkin di awal, Anda akan merasa marah. Namun, sebenarnya Anda membutuhkan bongkaran-bongkaran rahasia Anda.

Selain itu, Anda akan menyangkal semua yang dikatakan oleh teman-teman Anda. Namun, akhirnya Anda akan mengakui bahwa bongkaran-bongkaran rahasia tersebut memang benar adanya. Saat itu, Anda juga akan merasakan lega karena tidak menyembunyikan apa-apa. Bagi beberapa orang, sebenarnya ini adalah manfaat dari curhat. Dengan curhat kepada teman yang terpercaya, Anda akan menghilangkan rahasia-rahasia lama yang sudah mengendap.


3. Berbagi beban

Setegar-tegarnya batu karang akan tetap terkikis oleh kerasnya deburan ombak. Sama seperti manusia, setegar apapun, pasti akan mengalami masa sulit karena dirundung masalah apalagi jika dirinya terkena banyak masalah. Ia harus mampu merapikan seluruh masalah yang ada agar tidak menghambat pekerjaan. Jangan pernah menyimpan banyak masalah seorang diri. Jika Anda melakukan hal ini, Anda sama saja menyimpan bom waktu yang suatu saat nanti akan meledak, tak tahu kapan dan tak tahu besarnya.

Tinggalkan rasa gengsi dan rasa malu untuk sejenak dan curahkan masalah Anda pada teman atau orang yang dipercaya. Banyak dari Anda yang malu ketika masalah Anda diketahui oleh orang banyak. Anda takut dicap Anda orang yang lemah karena tidak mampu menyelesaikan masalah yang seperti itu. Selain itu, ketakutan-ketakutan lain juga akan muncul, misalnya Anda takut teman Anda akan membeberkan masalah Anda pada banyak orang. Ketika Anda dirundung masalah, seringkali Anda hanya berpikir negatif saja. Cobalah untuk berpikir secara positif bahwa semua orang memiliki sisi baik.


4. Tipe

Tidak semua orang membutuhkan saran ketika curhat. Beberapa dari mereka, hanya ingin didengarkan saja. Apabila Anda ingin mencari solusi dari permasalahan Anda, jangan mencari teman yang pendiam. Carilah teman yang bisa memberikan saran yang tegas. Sementara bagi Anda yang hanya butuh telinga untuk mendengarkan, Anda bisa memilih teman yang pendiam. Mereka akan sedikit berkomentar tentang masalah yang sedang Anda hadapi. Selain itu, ada baiknya ketika Anda tidak curhat di forum. Curhatlah dengan face to face.









Dr. David Spiegel, ketua psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford University mengatakan; “faktanya, berbicara dengan seseorang dapat membantu meringankan beban dan mengurangi stres. Manusia adalah makhluk sosial, sehingga berbicara dengan orang lain dapat menjadi sumber dukungan dan bantuan. Anda tidak akan pernah tahu Hasilnya sebelum mencoba.”

Penelitian telah lama melihat bahwa dukungan sosial dapat membantu seseorang membangun ketahanan terhadap stres dan menjadi alat yang berguna untuk membuat perubahan hidup. Karena itu, Anda tidak perlu ragu berbicara dengan orang mengenai masalah yang dihadapi. Jika ingin bantuan yang lebih profesional dan netral, berkonsultasi pada psikolog atau psikiater bisa menjadi pilihan yang bijak.

Namun jika Anda merasa berbicara dengan sahabat atau keluarga sudah cukup membantu, maka hal itu dapat Anda lakukan. Dukungan dari orang yang Anda cintai akan membuat Anda lebih kuat menghadapi cobaan hidup. Maka untuk mendapat dukungan itu, jangan takut menceritakan apa yang saat ini Anda khawatirkan.

Sumber : harianbernas

0 Response to "Curhat Ternyata Sangat Dianjurkan oleh Dokter Psikolog! Inilah Manfaat Besar Curhat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar