Adsense

8 Tips Terbaik Agar Bayi Tidak Sungsang, Ibu Hamil Wajib Tau!



Pencegahan sejak dini agar janin tidak sungsang bisa dilakukan dengan cara rutin memeriksakan kandungan ke dokter.

Kehamilan yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi kandungan yang sehat akan membuat proses persalinan lancar. Pada dasarnya untuk menjaga kehamilan supaya dalam keadaan sehat hingga menjelang persalinan adalah hal yang mudah. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah asupan makanan yang bergizi, pemeriksaan rutin dan menghindari aktivitas berbahaya agar bayi tidak sungsang.




Posisi sungsang merupakan posisi janin memanjang dengan kepala di bagian atas rahim dan bokongnya ada di bagian bawah, tergolong sebagai kelainan letak janin. Kondisi ini biasanya sudah terdekteksi saat kehamilan memasuki trimester kedua. Jika situasi ini terjadi pada saat kehamilan masih berusia di bawah 9 bulan maka masih dikategorikan sebagai sesuatu yang normal.

Salah satu indikasi awam adalah kandungan yang terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Namun, tentu saja untuk memastikannya Anda perlu memeriksakan kehamilan pada dokter. Lebih jauh, bahwa sungsang dapat terjadi pada ibu hamil manapun tanpa bisa dicegah. “Ini merupakan proses adaptasi bayi terhadap rahim”.

Jika kondisi ini terjadi pada kehamilan Anda, maka jangan buru-buru panik. Asalkan usia kandungan masih di bawah 32 minggu maka si kecil dalam perut masih bisa dikembalikan pada posisi normal kok.


Berikut Tips Agar Posisi Janin Tidak Sungsang

Dalam mencegah terjadinya sungsang dan agar posisi kepala janin berada dibawah menjelang persalinan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:


1. Senam hamil

Aktivitas yang bisa mencegah terjadinya posisi bayi sungsang yaitu dengan rutin mengikuti kegiatan senam hamil. Contohnya yaitu yoga ataupun senam kolam. Manfaat dari melakukan senam kolam yaitu untuk memberikan ruang dan keleluasaan pada bayi dalam bergerak. Selain itu, manfaat senam ini yaitu untuk membuat otot bagian perut lebih rileks.


2. Pijat

Anda bisa melakukan pemijatan lembut pada bagian perut dengan menggunakan kedua tangan untuk memberikan stimulus pada bayi sungsang sehingga kembali ke posisi yang normal. Pijatan tersebut harus dilakukan searah jarum jam.



3. Pikiran positif


Hindari aktivitas dan hal-hal yang bisa memicu stress. Ibu hamil hendaknya selalu berpikiran positif untuk mencegah janin di dalam kandungan dari gangguan yang bisa menghambat persalinan. Dengan selalu berpikiran positif maka diharapkan akan mencegah terjadinya bayi sungsang.










4. Lakukan posisi sujud

Metode sujud merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah terjadinya bayi sungsang. Lakukan metode ini secara rutin dan teratur dengan cara yang benar. Lakukan minimal 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.



5. Musik



Memperdengarkan musik dengan alunan nada yang lembut dinilai ampuh untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Letakkan headphone di perut bagian bawah dekat tulang kemaluan dan memainkan musik klasik selama 10 menit 6-8 kali sehari. Selain itu, metode ini ternyata bisa mencegah posisi sungsang dan bayi senantiasa dalam keadaan normal.



6. Tempelkan benda dingin


Cara lain dalam mencegah bayi dalam kandungan sungsang yaitu menggunakan benda dingin yang ditempelkan pada perut. Ketika benda tersebut ditempelkan maka bayi akan menjauhinya sehingga posisinya akan kembali pada kondisi normal dan bagian kepalanya menuju ke jalan lahir.



7. Menggunakan cahaya

Anda bisa mengarahkan cahaya senter pada bagian perut tepat ke bagian kepala bayi. Kemudian gerakan cahaya tersebut kearah jalan lahir sehingga akan menarik janin untuk mengikuti cahaya tersebut.



8. Konsumsi Manis

Minumlah segelas jus jeruk dengan posisi berbaring-sisi dengan posisi pinggul Anda lebih tinggi dari kaki Anda. Bayi bergerak lebih setelah ibunya mengkonsumsi gula tinggi



Sumber : Solusisehatku

0 Response to "8 Tips Terbaik Agar Bayi Tidak Sungsang, Ibu Hamil Wajib Tau!"

Posting Komentar